Kenapa orang Dewasa gak bisa nambah tinggi lagi?

Bagi yang kurang pede karena tinggi badan pasti deh nemu blog ini, hehe. Wush, becanda doing kok. Nah sekarang aku mau berbagi ilmu nih mengenai pertumbuhan tinggi badan. Minggu kemarin kan ada pelajaran biologi, nah bab yang lagi dibahas mengenai system gerak tubuh. Terus pas lagi dikelas sambil melamun kepikiran, kok kalo udah dewasa kebanyak mereka susah bahkan gak nambah tinggi lagi. Pas mau tanya, eh temenku duluan tanya ke Pak Angga, guru Biologi kelas 11 mengenai hal itu. Nah ini penjelasannya.

Biar cepet penjelasannya, kita ambil contoh tulang pipa. Tulang Pipa itu sendiri punya 3 bagian:

  1. Epifise: bagian ujung tulang yang terdiri atas tulang rawan.
  2. Diafise: bagian tengah yang memanjang dan di pusatnya terdapat rongga berisi sumsum tulang. rongga ini terbentuk karena aktivitas osteoblas atau perombak sel-sel tulang.
  3. Cakraepifise: bagian sempit di antara epifise dan diafise. Bagian ini terdiri atas tulang rawan yang kaya osteoblas. Pada orang dewasa yang tidak tumbuh meninggi lagi, bagian ini sudah menulang semua.

 

Biar ga pusing, kita liat gambarnya:

Tugas Bio

Kaya yang udah dijelasin tadi, ada bagian yang namanya cakraepifise. Jadi bagian itu tuh kalo kita masih kecil bentuknya masih tulang rawan. Proses osifikasinya itu belum selesai semua.

Osifikasi itu sendiri artinya proses pembentukan tulang atau penulangan. Kan dulu waktu kecil struktur tulang kita terdiri dari tulang rawan. Dengan berjalannya waktu, si tulang rawan itu pun mengalami proses osifikasi.

 

Nah, itu penjelasan singkatnya. Saya ngambil sumber dari buku Biology, Esis XI(English) sama buku BSE biologi XI karangan Pak Suwarno.

 

Buat agan-agan yang mau tanya, tinggal di komen aja:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s